
Dipengujung
tahun 2022 Disdukcapil Paluta menerima Penghargaan dari Kemenpan RB. Sebagai
salah satu yang memberikan
pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Mendapat kabar baik ini, Bupati Padang Lawas utara Andar Amin
Harahap mengapresiasi capaian kinerja yang diraih Disdukcapil dengan melakukan
berbagai inovasi pelayanan dalam memudahkan masyarakat untuk mengurus dokumen
administrasi dan kependudukan (Adminduk).
Sementara itu, Kadis Dukcapil Muhammad Ali Hasibuan mengucap syukur
atas penghargaan yang diraih Disdukcapil.
“Alhamdulillah, upaya kami (Disdukcapil) selama ini memberikan
pelayanan maksimal kepada masyarakat diapresiasi oleh Kementerian PAN RB,”
sampainya.
Upaya nyata yang telah dilakukan menurut Ali adalah pembenahan
kantor dan sistem layanan.
“Alhamdulillah setiap tahunnya kita memberikan inovasi pelayanan
untuk masyarakat. baru-baru ini kita meluncurkan Aplikasi Sistem
Pelayanan Secara Online Berbasis Android (Simpelsobad) serta yang
lainnya. Semua inovasi kita lakukan semata-mata hanya untuk memberikan
pelayanan maksimal kepada masyarakat sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wabup
untuk menghadirkan kebahagian di tengah masyarakat,” tambahnya.
Untuk pembenahan kantor, Disdukcapil melakukan upaya dari
ketersediaan front office, sistem antrian, ruang tunggu yang nyaman, fasilitas
pojok baca, ruang pengaduan, hingga layanan prioritas untuk lansia,
disabilitas, ibu habil dan ibu menyusui.
Diakhir, Ali mengajakan seluruh pegawainya untuk terus meningkatkan
kinerja dalam segi pelayanan agar menjadi lebih baik ke depannya.Untuk
diketahui, pelaksanaan evaluasi pelayanan publik menekankan penilaian pada enam
aspek yang mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk dapat memberikan
layanan yang prima.
Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017, enam aspek
tersebut adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana,
sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi
pelayanan publik
Kategori: Berita